Cinta kita bukan seperti cinta antara bulan dan matahari

Ahh, gw lupa kalo tadi pagi ada gerhana matahari setengah di langit tempat gw berdiri (samarinda). Dan gw menyadari itu pas jam 9, abis gw mandi. Gw ngerasa ada yang kurang tapi apa, gw lupa. Gw ingetnya tuh pas gw mikir ‘mataharinya mana, ya? Kok sinarnya ngga sampe-sampe dimari?’ lalu, beberapa saat kemudian, gw inget deh kalo mataharinya tuh abis dimakan bulan.

Dan gw jadi inget conversation gw dengan sang pacar tentang hal ini. Kami membicarakan tentang hal-hal yang menyangkut dengan logika *apa sih* yah, begitulah..

Kami membicarakan tentang bulan dan matahari. Conversation kami:

Pacar: ‘cinta kita nih harus kayak bulan sama bintang. Pokoknya harus saling menemani di gelapnya malam. Kita juga menerangi penduduk di bumi pas malam hari.’

Gw: ‘bener. Asalkan jangan kayak bulan sama matahari.’

Pacar: ‘lah, kenapa? Itu bisa juga kan? Sama-sama bikin terang walau ngga saling ketemuan.’

Tetep gw ngga mau. Bulan sama bintang, oke lah. Tapi menurut gw, cinta antara bulan dan matahari tuh adalah cinta yang bertepuk sebelah tangan. Cinta yang bertepuk sebelah tangan itu menyakitkan, kan…?

Alasannya. Matahari mempunyai sinarnya sendiri, sedangkan bulan tidak punya. Karena matahari cinta, ia memberikan sinarnya kepada sang bulan agar bulan juga bisa bersinar. Disini, yang mencintai adalah matahari.

Lalu, apabila mereka bertemu, posisinya menjadi bumi-bulan-matahari. Bulan menutupi cahaya matahari yang membuat penduduk bumi gelap. Yah, gelap tapi ngga gelap-gelap amat tapi namanya menutupi, kan tetep aja.

solar eclipse

solar eclipse

Dan saat bulan dengan matahari jauh, susunannya menjadi matahari-bumi-bulan. Bulan ngga mendapatkan sinar apapun dari bumi.

lunar eclipse

lunar eclipse

Jadi, bulan dapat keuntungan yaitu dikasih sinar. Matahari dapet apa dari bulan..? Memang, cinta ngga perlu meminta. Emang bagus, sih. Tapi miris..

Menurut gw sih gitu. Kalau menurut anda…?

3 thoughts on “Cinta kita bukan seperti cinta antara bulan dan matahari

Leave a Reply

