testing ukur BODY MASS INDEX (BMI)

entah kenapa temen-teman di kampus lagi pada iseng yang namanya timbangan badan. dan lagi salah seorang temen ada yang bawa versi baru, yang mungkin hanya sedikit orang yang tau yaitu timbangan badan digital. kalo neraca digital udah sering di lab kami :) temen-temen pada kepo terhadap dirinya sendiri. soalnya kan denger kabar kalo berat badan bisa turun gara-gara ngerjain tugas akhir kayak sekarang ini.

giliran gw yang di suruh serta dipaksa-paksa. padahal gw tuh sebenernya takut ngeliat hasilnya. hasilnya tuh pasti kurang memuaskan. bukan karena kelebihan berat badan loh ya. ini takutnya kalo berat badan turun drastis. dan memang, hasilnya itu 42,6 Kg.

lalu beberapa saat kemudian gw buka facebook dan gw tertarik sama salah satu artikel di shopping page. yaitu ukur Body Mass Index (BMI). testing-testing deh gw. rumusnya:

BMI = Berat badan (Kg) / (Tinggi Badan x Tinggi Badan) (meter)

berat badan gw 42,6 Kg. sedangkan tingginya 168 cm. kalo dikonversi ke meter jadinya 1,68 meter. hasil BMI didapatkan 15,09354 yang digenapkan jadi 15,1 atau 15 saja. trus hasilnya dimasukkan ke dalam range:

Dibawah 18,5 = Terlalu kurus (Underweight)
18,5 – 19 = Kurus ideal 
19,1 – 21 = Ideal (Jaga terus dan perbanyak olah raga !!)
21,1-22 = Normal (biasanya ngisi)
22,1 – 24 = gemuk (ayo bentuk jadi ideal)
> 24 = overweight (ayooo diet dan olahraga)

dan gw udah sangat terlalu kurus.jauh banget tuh dibawah 18,5. beda 3.5 petak. makin miris aja nih. gw disuruh sama adminnya buat naikin berat badan. caranya? ngga ada yang tau. padahal, camilan banyak banget di kamar gw. makan pun selalu 3 kali sehari. kalo malam pun gw makan diatas jam 8. tapi, ngga gemuk-gemuk juga. hhuhuhuhu. ada apa ini? bagaimana caranya menaikannya……?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s