komitmen dalam hidup…?

gw balik dengan sedikit serius. tema yang sedikit serius, dan gw juga banyak browsing-browsing demi menambah ilmu gw juga.

KOMITMEN

image

gw mau blak-blakan deh. sebenernya, gw ngga ngerti-ngerti banget sama yang namanya komitmen ini. yang gw tau tentang komitmen adalah tindakan yang harus searah dengan apa yang udah kita omongin.

tapi, gw masih ragu dengan pemikiran gw itu. jadi, gw browsing lah…

Robbins dan Judge (2007) mendefinisikan komitmen sebagai suatu keadaan dimana seorang individu memihak organisasi serta tujuan-tujuan dan keinginannya untuk mempertahankan keangotaannya dalam organisasi. Sedangkan Mathis dan Jackson (dalam Sopiah, 155) mendefinisikan komitmen organisasional sebagai derajad dimana karyawan percaya dan mau menerima tujuan-tujuan organisasi dan akan tetap tinggal atau tidak akan meninggalkan organisasinya).

pengertian di atas itu masih dalam lingkup organisasi. bagaimana dalam suatu hubungan? ntar, deh. kayaknya kita butuh pengertian komitmen secara umum.

komitmen adalah janji. Komitmen adalah janji pada diri kita sendiri atau pada orang lain yang tercermin dalam tindakan kita. Komitmen merupakan pengakuan seutuhnya, sebagai sikap yang sebenarnya yang berasal dari watak yang keluar dari dalam diri seseorang.

yah, seenggaknya arti komitmen dalam versi gw udah mendekati, kan? lalu, komitmen dalam berhubungan? mengingat kalo gw ngga ada obrolan pasti di setiap hubungan. itu bukan artinya kalo gw menggantung suatu hubungan. gw hanya ngikut aja, dan apabila ada yang ngga gw suka, gw baru ngomong.

jadi, komitmen yang seharusnya dalam berpacaran itu seperti apay, eyyyaaahhh…?

setelah sekian banyak gw cari, pengertiannya tetep kurang lebih aja bahkan sama. sama-sama janji antar kita dengan yang terkasih.

emang, gw ngga pernah ngomongin komitmen. tapi, yang gw omongin adalah janji. janji antar kita berdua.

akhirnyaaa… gw udah nemuin arti dari komitmen.

source: istilaharti.blogspot   psychologymania

Posted from WordPress for Android

Leave a Reply

