Jangan samakan….

Mungkin bukan maksud orang itu mengungkapkan kebencian terhadap kota ini. Tunggu, ini masih Balikpapan. Masih belum seberapa kekesalan yang didapat dibandingkan kota sebelah.

Gw nulis ini karena seorang teman gw yang baru pindah dari Banjarmasin ke Balikpapan menceritakan betapa bedanya penduduknya. Orang itu (sebut saja begitu) membandingkan harga serta pelayanan yang diberikan oleh tukang bengkel motor. Orang itu bercerita kalau di kotanya tambal ban motor hanya 5000, sedangkan di Balikpapan, hanya untuk sekedar periksa saja dikenakan biaya 6000. Menurut gw, hal ini sudah pasti sangat berbeda.

Pertama, dilihat dari perekonomian masing-masing kota. Balikpapan serba mahal. Untuk makan saja, 10000 sudah harga yang paling murah untuk seporsi nasi campur. Mungkin di Banjarmasin masih bisa beli kerupuknya atau se minumannya. Ya, dipengaruhi dengan perekonomian yang tinggi.

Kedua, di Balikpapan itu penduduknya adalah pendatang. Berbagai macam suku ada di Balikpapan. Dari Jawa, Sulawesi, Banjar pun ada. Kalau di Banjarmasin kan sudah pasti orang Banjar. Satu suku. Yang gw tau, satu suku itu ngga ada istilahnya tega. Sebenernya juga tergantung dari masing-masing pribadi. Tapi, tentu beda. Di Balikpapan sendiri, setiap ada orang yang bertemu dengan satu sukunya, pasti sangat royal.

Ketiga, gw salut banget dengan perkataan bos gw. “mungkin mereka punya SOP yang berbeda.” kalau dipikir ya memang bener. Hhahaha.. Nama bengkel nya pun beda, pemiliknya pun beda..

Saran gw buat orang itu ya nikmati aja kota ini sebelum kamu dipindahkan ke kota sebelah yang lebih keras.. Toh, kamu juga mendapatkan rezeki di kota ini.

Leave a Reply

