Malam Nisfu Sya’ban

Malam selasa kemarin adalah malam Nisfu Sya’ban. Tahun-tahun kemarin aku hanya sekedar tau aja untuk istilah ini, kemudian besoknya puasa sunnah Nisfu Sya’ban. Ternyata, malam Nisfu Sya’ban itu lebh dari itu. Pengetahuanku tentang agama memang agak sedikit terbatas. Tapi, alhamdulillah. Aku dipertemukan sesosok seperti imam yang mungkin mau mengajarkan aku tentang ibadah yang satu ini.

Malam Nisfu Sya’ban kemarin, aku melakukan solat sunnah di mesjid agung At-Taqwa
yang merupakan salah satu mesjid tertua di Balikpapan. Banyak sekali orang-orang berbondong-bondong ke mesjid itu dan kebanyakan membawa air mineral dalam botol. Aku hanya membawa mukena dan buku yasin seperti yang dianjurkan “sesosok seperti imam” kemarin malam. Aku masih bingung untuk apa mereka membawa air mineral itu. Apakah ritualnya akan lama?

Jawaban telah aku temukan setelah solat Maghrib dan Solat Sunnah Taubat. Setelah kedua solat itu, beramai-ramai satu mesjid membacakan Surat Yasiin 3 kali. Ada niatnya juga. Yasiin yang pertama itu untuk diberi umur panjang agar bisa terus beribadah, Yasiin yang kedua untuk dimurahkan rezeki agar bisa beribadah, Yasiin yang ketiga untuk dikuatkan iman dan islam serta dijaukan dari marabahaya. Nah, nanti airnya itu terdoakan jadi yang minum air itu mendapatkan manfaatnya.

Hmmm… Entahlah, ya.. Waullahualam…

Setelah baca Yasiin, dilajutkan solat Isya. Setelah solat isya, ada solat sunnah Tasbih. Katanya ada banyak versi. Kami pakai versi yang tiap-tiap gerakannya membaca 10 kali Tasbih. Itu berlangsung hingga 2 rakaat dua kali.

Setelahnya selesai, rasa adem menyelimuti diri aku. Aku ngeliat orang-orang disekeliling aku rasanya tuh berseri, bercahaya dan aku merasa bahagia. Dan “sesosok seperti imam” tersebut terlihat begitu indahnya. Memang, di setiap selesai solat, wajahnya seperti terpancar aura yang menyejukkan. Subhanallah…

Tahun ini merupakan tahun pertama aku melaksanakan ibadah ini dan aku merasa incredible..!! Semoga kedepannya selalu ada seseorang yang menuntunku ke arah kebaikan seperti ini….

Advertisements

2 thoughts on “Malam Nisfu Sya’ban

  1. aih pengen rasanya ikutan shalat jamaah gitu, semua orang berbondong2, pengen bawa suami (yang kebetulan mualaf) biar ngerti juga tentang malam Nifsu sya’ban.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s