SOLAR ECLIPSE

tanggal 9 Maret 2016 gerhana matahari lewat di Kota Minyak tercinta, yaitu Balikpapan. siapa sih yang ngga mau melewatkan momen seperti ini? mana lagi bertepatan dengan tanggal merah memperingati hari Nyepi.

aku tau bakal ada gerhana matahari tuh pas bulan desember tahun lalu. liat-liat kalender dah siapa tau isa ambil cuti langsung seminggu karena bakal ngga mungkin untuk ambil cuti 1 hari hanya untuk liat gerhana. pasti ngga boleh banget sama menejemen. pas liat kalender, pas juga tanggal merah. wah, aku udah nanya Si Mas kalo dia ada waktu ngga tanggal segitu.

hingga pas H-1, aku masih ngga kebagian sama yang namanya kacamata buat gerhana. karena di gramedia udah habis aja tuh. mau cari dimana lagi? malamnya aku ngga bisa tidur. sempet mikirin tentang kacamatanya. bakalan ngga bisa liat gerhana nih tanpa kacamata.

pas nih bekesahan (ngobrol) sama bapak ibu, mereka bilang gerhana tetep bisa diliat dengan mata telanjang tapi yang pas sudah total nya. pas bulan sama matahari jadi satu. dan katanya, yang paling indah adalah pada saat itu.

aku sama Si Mas janjian jam setengah 7 udah di meeting point terus dilanjutkan mnuju Lapangan Merdeka. di perjalanan, dari Klandasan menuju Lapangan merdeka udah padat banget. kita memutuskan untuk parkir di Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera), kemudian dilanjutkan dengan jalan kaki.

disana udah sesak dan padat oleh manusia. ck! bukan main banget deh penuhnya pas lagi di area panjat Kilang Mandiri kan. pikiranku udah yang kayak macem-macem gitu. mana kemaren ada denger bertia tentang Jepang. tapi, aku ngga berani mengucapkan langsung dan memikirkannya terlalu lama.

image

aku sama Si Mas dengan background orang-orang yang berkumpul. ini baru sebagiannya aja loh.

parah, nih. disana aku sakit perut. mungkin pengaruh terlalu padat dan penuh, perutku juga ngerasa sesak langsung berkontraksi. pengen pup, pas ke WC umum, antrinya tuh ngalah-ngalahin wahana di Ancol. dan orang-orang pada tutup hidungnya. pasti kan tandanya buau buanget dah. akhirnya aku urungkan untuk buang pup, jadi cuma duduk aja agak jauh dari keramaian.

jam 7 lewat 20, kami para penonton pertunjukan alam milik Allah bersiap dengan pelindung mata. karena aku ngga punya, ya berdiri aja. tapi, rejeki sih ngga kemana. aku ketemu temen kantor lainnya, dan dia memberika potongan kecil plastik teransparan gelap dan itu kelihatan banget. bagus deh.

image

penampakan detik-detik mau gerhana

dengan sabar kita tunggu gerhana matahari total, akhirnya udah mau terjadi aja. aku ngg terlalu ngikutin untuk langsun tertutupnya, aku memperhatikan keadaan sekitar. susasana uda kayak senja aja. hembusan anging agak kerasa.dan sesungguhnya aku takut dengan kebesaran Allah. luar biasa banget.
pas ketika sudah total, penampakan gerhana nya begitu indah banget dan bisa banget diliat dengan mata telanjang. ngga henti-hentinya aku mengagumi keindahan milik Allah itu. Subhanallah… Walhamdulillah… Waalaillahaillallah Waallahuakbar…..

image

gerhana matahari totalyang cincin berliannya kelihatan

gerhana matahari total, cincin berliannya perfect. cantik! pengen banget punya cincinnya *ups. sempet nih aku ngobrol sama Si Mas. “coba pas cincin nya terlihat mas keluarin cincin trus lamar aku.” dan mas udah kasih cincin ke aku, sebulan lalu. lamar? belum tapi kami sudah pasti (apa sih?)

di Balikpapan gelap. bintang di langit pun terlihat. hawa sejuk begitu terasa seperti subuh. saat bulan bergeser, langsung seketika terang benderang. dan selesailah fenomena alam tersebut.

tapi di Pantai Kilang masih ada acara lagi. yaitu makan mantau gratis dari BlueSky yang dibikin sebanyak 2119 untuk siapa aja yang mau makan. SI Mas tuh nungguin itu juga loh. adi dia berusaha untuk mendapatkannya. tapi, untuk cara pembagiannya dari pihak BlueSky itu dengan cara dilempar. makanan kok di lempar-lempar? tapi Si mas dapet 3. Si Mas makan 1, aku cuma abis separo sisanya 1,5 aku bawa pulang buat oleh-oleh.

image

yeay...! mantau perjuangan Si Mas

Posted from WordPress for Android

Advertisements

5 thoughts on “SOLAR ECLIPSE

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s