People has change

​Cepat atau lambat, seseorang pasti mendapatkan pencerahan mengenai jalan hidup selanjutnya. Kadang kita sendiri takjub akan melihat perubahan seorang itu menjadi lebih baik. Luar biasa aja mereka bisa menjadi yang lebih baik.

Waktu SMA, aku punya temen seangkatan tapi beda kelas, mungkin hanya sekedar kenal atau just say ‘HI’ doang sih kalo ketemu. Pada masa itu, yang aku ketahui, dia nakal dan mucil. Nakal mungkin wajar kali yah dalam masa  pertumbuhan kami saat itu. Masih sibuk mencari jati dirinya masing-masing dan masih belum terlalu ngerti banget yang baik dan tidaknya. Kalo mucil, dia suka iseng sama semua teman-teman. Yah, maklum namanya anak cowok.<!–more–>

Sering nih aku jadi ilfil sama dia. Ngomongnya kasar, nyaring, dan ngga di filter dulu. Kalo dibilang salah pergaulan, salah deh sudah. Dia juga udh pernah nyobain yang namanya clubbing dan minum alkohol.

Beberapa musim berlalu, kami bertemu lagi. Dia mungkin ngga kenal aku, tapi aku masih kenal sama wajahnya. Wajahnya berbeda banget sama waktu SMA. Lebih sejuk dan lebih dewasa. Ketika itu juga aku bertemu dengan teman sekelasnya dulu yang juga temenku waktu SD.

“Bro, whats goin on with him? Feel different.” Sambil berbisik.

“Berubah, ya. Signifikan banget. Semenjak ayahnya meninggal,” waktu itu aku juga tau kalau ayahnya dipanggil duluan oleh Allah. “dia luar biasa sedihnya. Dia sadar, semasa ada ayahnya, dia berlaku nakal seperti yang kita tau. Dia bilang, ‘aku belum nunjukin apa-apa ke ayah yang ngebuat ayah bangga’ sempet down beberapa Minggu. Sempet cuti kuliah juga.”

Aku ngga tau kalau dia sesayang itu sama ayahnya dan sebersalah itu sama ayahnya. Yang aku pikir anak seperti dia itu seperti suka membangkang sama orang tua dan bisa dibilang acuh tak acuh karena sifatnya yang seperti itu.

“Kita dulu sempet takut juga kalo dia bakal menjadi lebih nakal karena kehilangan itu. Tapi, akhirnya kita lega pas tau dia banyak menghabiskan waktu di mesjid dekat rumahnya. Dia sering ikut perkumpulan di mesjid dan lebih mendalami agama. Yang dulunya kita sering tau kalo dia suka gonta-ganti cewe, seksi lagi, sekarang kalo ditanyain siapa pacarnya, pasti dijawabnya ‘taaruf aja’ aku sampe merinding dia bilang gitu.”

Bukan cuma dia yang merinding. Aku juga!

Saking kepo, aku pernah cari lagi akun Instagram nya dan disana yang dulunya banyak gambar minuman, sekarang banyak gambar hadist. Ngga ada lagi foto dia yang didepannya ada botol minuman. Foto itu diganti dengan perkumpulan saat dia kajian menggunakan kopiah. Luar biasa, dude! Semoga selalu dalam perlindungan Allah, ya..

Leave a Reply

